proposal kue brownies



PROPOSAL
KUE BROWNIES


Proposal ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Bisnis yang diampu oleh Galih Purnama Sidiq, SE. MM





Disusun Oleh :

REFFO PRABOWO





UNIVERSITAS WIRALODRA
INDRAMAYU
2015


Kata Pengantar


Alhamdulillah segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan kemudahan untuk menyusun dan menyelesaikan proposal ini. Tidak lupa juga kami mengucapkan terimakasih kepada pihak yang telah membantu menyelesaikan proposal ini. Kami menyadari bahwa proposal kegiatan usaha ini jauh dari kesempurnaan untuk itu kritik dan saran dari pembimbing sangat kami harapkan untuk penyempurnaan proposal yang kami buat.






Indramayu, 21 April 2015
Penyusun,


 
DAFTAR ISI

Kata Pengantar......................................................................................................... i
Daftar Isi.................................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN.........................................................................................1
1.1  Latar Belakang................................................................................................... 1
1.2  Identifikasi Jenis Usaha
1.3  Lokasi Usaha...................................................................................................... 1

BAB II PENILAIAN RENCANA USAHA
2.1 Alasas Dasar Pemilihan Fokus Usaha................................................................. 2
2.2 Prospek Usaha....................................................................................................  2
2.3 Aspek Produksi...................................................................................................  3
2.4 Aspek Manajemen..............................................................................................  4

BAB III RENCANA BIAYA USAHA
3.1 Analisis Biaya Usaha...........................................................................................5
3.2 Analisis Rencana Pendapatan............................................................................. 6
3.3 Analisis Rencana Pemasaran...............................................................................7
3.4 contoh Foto Produk............................................................................................. 8
3.5 Profil Calon Wirausaha........................................................................................9

BAB IV KEEIMPULAN DAN SARAN..................................................................10
4.1 Kesimpulan......................................................................................................... 10
4.2 Saran....................................................................................................................10


BAB 1
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang

Pada saat ini banyak orang yang ingin membuat suatu acara atau kegiatan secara sederhana dan efisien contohnya dalam hal penyiapan kue,biasanya mereka memilih untuk memesan kue dari pada membuatnya sendiri dengan berbagai alasan pertimbangan waktu tenaga walaupun memang sedikit mahal
Dari pemikiran inilah saya mempunyai ide untuk membuat sebuah bisnis yaitu kue brownies saya yakin dan percaya dengan membuka usaha ini selain menambah pendapatan pribadi juga dapat menyerap tenaga kerja untuk mengurangi jumlah pengangguran alasan usaha ini dipilih karena berbagai hal diantaranya
1.      Cara pembuatannya mudah
2.      Bahan baku mudah didapat
3.      Harga bahan baku yang relativ murah
4.      Disukai banyak kalangan.


1.2   Identifikasi Jenis Usaha
Usaha makanan kue yang saya produksi yaitu kue brownies rasa coklat dimana harga dari brownies ini yang saya produksi relatif murah dan banyak diminati oleh masyarakat maka dari itu saya memilih usaha kue brownies ini.



1.3  lokasi usaha
Usaha kue brownies ini bertempat di desa tugu kidul blok gandu kecamatan sliyeg kabupaten indramayu Telp.089673574522



1

 
BAB II

PENILAIAN DAN RENCANA USAHA


2.1 alasan dasar pemilihan fokus usaha

Alasan saya memilih usaha kue brownies ini karna dilihat dari banyak orang yang memiliki hobi mengemil salah 1 jenis kue yang diminati oleh konsumen secara luas adalah kue brownies banik kukus maupun panggang. Banyak hal yang menjadikan makanan ini sebagai salah 1 primadona makanan manis misalnya sangat cocok untuk cemilan penggajal perut sebab brownies banyak mengandung karbohidrat dari tepung jagung dan glukosa untuk menambah energi dalam beraktivitas.
Maka dari itu saya membuat inovasi dalam usaha brownies dengan cara menyajikan sebuah kemasan yang menarik dan breand yang mudah diingat maka saya optimis dengan pemilihan usaha ini yang nantinya usaha yang saya jalankan bisa berkembang pesaing pasar yang kuat merupakan tantangan bagi saya yang selalu dituntut untuk dapat beradaptasi dengan pesaingan bisnis yang sangat ketat.





2.2 Prospek Usaha

Dengan meningkatnya kemampuan daya beli masyarakat harga murah kue brownies ini yang kami produksi merupakan kegemaran masyarakat saya yakin apabila terus ditekuni dan selalu melakukan inovasi – inovasi baru tidak menutup kemungkinan akan bisa bersaing dan berkembang hingga pemasarannya bisa sampai keluar daerah.
Seiring kemajuan teknologi saya juga berusaha menyediakan penjualan secara online sehingga produksi makanan kue brownies ini mudah di kenali dan mudah untuk di ingat, dengan demikian insya Allah produk kue brownies ini mudah di dapat dan di kenali masyarakat luas.






2


2.3  Aspek Produksi
a. jenis dan jumlah peralatan yang dipakai
NO
Jumlah peralatan yang dipakai
Quantity
1
Stand mixer kue
3
2
Panci besar
1
3
loyang
10
4
timbangan
1
5
Wadah adonan besar
5

b. Kapasitas produksi
dengan menggunakan peralatan diatas brownies dapat menghasilkan 10 loyang brownies perhari ialah 10 buah brownies ukuran sedang sehingga dengan jumlah mesin produksi yang ada dipastikan dapat memproduksi kue brownies dengan hasil yang maximal untuk dapat melayani orderan orderan brownies lainnya
c. bahan baku produksi
1
Telur
4
2
Sp dan baking soda
1 sdt
3
Vanily
3 ons
4
Mentega
2 buah
5
Coklat
250 gr
6
Tepung terigu
1 ons
7
Susu coklat
20 ons
8
Coklat bubuk
1 sch
9
Butter cream
½ ons
10
Misis / keju
1 ons
11
Lain - lain
secukupnya

c. Jumlah Produksi Rata – Rata perbulan
dari kapasitas produk perhari yang telah diketahui sebelumnnya maka produksi dari kue brownies ini selama 1 bulan yaitu :
 10 loyang X 20 hari = 200 loyang / bulan
  3 buah x 200 loyang = 600 buah/bulan
Jumlah produksi rata rata di atas merupakan gambaran secara umum, jumlah tersebut masih dapat di sesuaikan dengan pasang surutnya penjualan dan order yang ada.
3
d.      Sumber Bahan Baku
Dalam pembuatan kue brownies ini  tentu membutuhkan berbagai macam bahan baku yang di peroleh dari toko kue yang ada di kota Indramayu ini atau bisa juga mendatangi pasar – pasar tradisional yang ada di Indramayu yang menyediakan berbagai kebutuhan bahan kue brownies.




e.       Inovasi Produk
Dalam perkembangan kedepan tentu banyak kendala yang dihadapi diantaranya tidak selamanya produk akan terjual habis setiap harinya sehingga perlu dilakukan perluasan produk diantaranya :
Dengan cara kue brownies dapat di inovasikan dalam bentuk dingin dan disebut dengan ice cream brownies. 





 
2.4 Aspek Manajemen
Untuk aspek manajerial dalam mengatur operasional jalannya rintisan usaha ini maka untuk produksi awal hanya menggunakan manajemen sederhana beranggotakan 3 orang.
1.     Bagian keuangan yang dikelola bersama dengan pengeluaran dan pemasukan dicatat oleh salah satu anggota.
2.     Bagian produksi untuk melakukan proses produksi yang dilaksanakan secara bersama-sama oleh seluruh anggota.
3.     Bagian pemasaran, juga dilaksanakan oleh seluruh anggota yang berjumlah 3 orang.
Pembagian tugas untuk masing-masing anggota secara khusus disesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini dilakukan untuk efisiensi waktu dan biaya. Sebab rintisan usaha kuliner brownies anti galau ini masih berada pada taraf permulaan. Sehingga efisiensi operasional termasuk aspek produksi sangat diperlukan.


BAB III
Rencana Biaya Usaha



3.1 Analisi Biaya Usaha
     
      Rincian dana / biaya yang dikeluarkan dalam mengelola dan memproduksi kue brownies ini ialah sbb :

NO
Jumlah peralatan yang dipakai
Quantity
Harga
jumlah
1
Stand mixer kue
1
250.000
250.000
2
Panci besar
1
7.0000
70.000
3
loyang
10
10.000
100.000
4
timbangan
1
30.000
30.000
5
Wadah adonan besar
5
30.000
150.000

total


Rp. 600.000


Bahan baku untuk 1 kali resep 1 loyang / 5 potong

No
Bahan Baku
Kuantitas
Harga
Jumlah
1
Telur
4
1.250
5.000
2
Sp dan baking soda
1 sdt
-
1000
3
Vanily
3 ons
100
3000
4
Mentega
2 buah
500
1000
5
Coklat
250 gr
-
3500
6
Tepung terigu
1 ons
-
7000
7
Susu coklat
20 ons
-
1500
8
Coklat bubuk
1 sch
1000
1000
9
Butter cream
½ ons
-
1000
10
Misis / keju
1 ons
-
1000
11
Lain - lain
secukupnya



Total


27.500



5

Pemasaran – Pembuatan brosur = Rp. 30.000

            Biaya ongkos  = Rp. 20.000
            Biaya Operasionalnya
            Bahan baku untuk 10 Loyang brownies =Rp. 27.500   
            Biaya iklan dan pemasaran = Rp. 50.000


3.2 Analisis Rencana Pendapatan
Berdasarkan biaya operasionalnya maka dapat ditentukan harga dasar jue brownies ini yang memungkinkan untuk satu potong kue brownies yaitu sebesar :                                                        Rp 270.500 : 50 potong = Rp 5.500 / potong     

Maka dari harga tersebut dapat ditentukan harga jual yang sesuai yakni : Rp. 7.000
Sehingga pendapatan yang diperoleh ialah :

Laba (Keuntungan)

Pendapatan Per- hari
Rp 7.000 x 50 potong
Jumlah
Rp.  350.000
Pebdapatan Per – minggu
Rp. 7.000 x 350.000

Rp. 2.450.000


6
3.3  Analisis Biaya Pemasaran
a. AnalisiPasar
       Target pasar merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Adapun beberapa contoh dari pasar yang telah dapat dijangkau peluang pasarnya ialah seperti sekolah-sekolah, koperasi usaha di wilayah tertentu, bahkan bias dengan memasuki pasar besar seperti pasar tanjung yang ada di jember. Yakni dengan membuka toko stand atau toko khusus yang menyediakan  produk untuk pembuatan brownies anti galau dengan menyediakan layanan pesan antar delivery, atau meskipun tidak mendirikan stand sendiri,minimal bisa memasukkan produk kita kedalam stand kue lain yang strategis, demi kelancaran pemasaran produk ini. Sehingga analisis pasar maupun target pasar dapat dicapai dengan hasil maksimal. 

b. Segmentasi Pasar

Dalam memasarkan produk brownies ini, perlu dilakukan segmentasi terhadap calon konsumen yang ada sehingga pasar yang dituju jelas dan terarah.
    
Segmentasi Pasar
Sasaran

Lokasi target pemasaran



1.  Sekolah-sekolah
2.  Toko oleh-oleh jember
3.  Koperasi kantor pemerintah
4.  Stand kue dan tempat tongkrongan

Target Konsumen
1.  Siswa sekolah dan mahasiswa
2.  Masyarakat umum bawah, menengah, dan atas   
3.  Konsumen dengan kepentingan / hajat
4.  Konsumen usia anak-anak, remaja dan dewasa








7

c. Strategi Promosi
*      Melakukan promosi dari mulut kemulut, diawali dengan promosi diwilayah tempat usaha kita.
*       Memasang iklan dikoran kota, taidak perlu terlalu luas jangkauannya, cukup dengan menggiring konssumen  jember  untuk tertarik dan membeli produk kita. Memasang iklan di media elektronik seperti: facebook, twitter, dll.
*      Dan yang paling terpenting yaitu memberikan suatu kemasan yang unik dan berkesan mewah sehingga membuat konsumen semakin tertarik untuk membeli.



3.4 Contoh Foto Produk
1.

2.

3.
4.


8
3.5  Profil Calon Wirausaha

Nama Lengkap            : REFFO PRABOWO
Nama Panggilan         : Reffo (bowo)
Ttl                                 : Indramayu, 3 Desember 1995
Agama                         : Islam
Riwayat Pendidikan  :   TK Kriya Bhakti
                                    SD Negeri Tugu 1
                                    SMPN 1 SLIYEG
                                    SMKN 1 BALONGAN
Alamat Rumah          : Desa Tugu Kidul Kec. Sliyeg Kab. Indramayu
Alamat email             : Reffo.prabowo@yahoo.co.id
                                     Reffo.prabowo95@gmail.com




 9

BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

4.1 Kesimpulan
saha bronies ubi ini merupakan usaha yang memiliki peluang besar untuk memperole keuntungan besar dan menarik banyak pelanggan. Karena manfaat dari ubi itu sendiri serta dapat menciptakan rasa yang khas sebagai makanan ringan yang lezat dan menyehatkan. Dan juga usaha sweet bronies ubi ini memiliki tempat yg strategis yaitu di jantung kota balikpapan serta memiliki harga yang relatif terjangkau. Dan dapat dinikmati oleh semua kalangan mulai dari balita-orang tua.   


4.2 Saran
Kami berharap apa yang telah kami lakukan dapat :
1. Memenuhi kriteria – kriteria kelulusan yang disyaratkan
2. Kami berharap dengan di ajukannya proposal ini dapat menarik dan keinginan saudara sekalian untuk bergabung bersama kami sebagai salah satu pemodal di usaha kami ini  












10
 









































 

Komentar

Postingan Populer