proposal kue brownies
PROPOSAL
KUE
BROWNIES
Proposal
ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Bisnis yang diampu oleh
Galih Purnama Sidiq, SE. MM
Disusun Oleh :
REFFO PRABOWO
UNIVERSITAS
WIRALODRA
INDRAMAYU
2015
Kata
Pengantar
Alhamdulillah
segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah
memberikan kemudahan untuk menyusun dan menyelesaikan proposal ini. Tidak lupa
juga kami mengucapkan terimakasih kepada pihak yang telah membantu
menyelesaikan proposal ini. Kami menyadari bahwa proposal kegiatan usaha ini
jauh dari kesempurnaan untuk itu kritik dan saran dari pembimbing sangat kami
harapkan untuk penyempurnaan proposal yang kami buat.
Indramayu, 21 April 2015
Penyusun,
DAFTAR
ISI
Kata
Pengantar.........................................................................................................
i
Daftar Isi..................................................................................................................
ii
BAB I
PENDAHULUAN.........................................................................................1
1.1 Latar Belakang...................................................................................................
1
1.2 Identifikasi Jenis Usaha
1.3 Lokasi
Usaha......................................................................................................
1
BAB II PENILAIAN RENCANA USAHA
2.1
Alasas Dasar Pemilihan Fokus Usaha.................................................................
2
2.2
Prospek Usaha.................................................................................................... 2
2.3
Aspek Produksi...................................................................................................
3
2.4
Aspek Manajemen..............................................................................................
4
BAB
III RENCANA BIAYA USAHA
3.1
Analisis Biaya Usaha...........................................................................................5
3.2
Analisis Rencana Pendapatan.............................................................................
6
3.3
Analisis Rencana Pemasaran...............................................................................7
3.4
contoh Foto Produk.............................................................................................
8
3.5
Profil Calon Wirausaha........................................................................................9
BAB
IV KEEIMPULAN DAN
SARAN..................................................................10
4.1
Kesimpulan.........................................................................................................
10
4.2
Saran....................................................................................................................10
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada
saat ini banyak orang yang ingin membuat suatu acara atau kegiatan secara
sederhana dan efisien contohnya dalam hal penyiapan kue,biasanya mereka memilih
untuk memesan kue dari pada membuatnya sendiri dengan berbagai alasan
pertimbangan waktu tenaga walaupun memang sedikit mahal
Dari
pemikiran inilah saya mempunyai ide untuk membuat sebuah bisnis yaitu kue
brownies saya yakin dan percaya dengan membuka usaha ini selain menambah
pendapatan pribadi juga dapat menyerap tenaga kerja untuk mengurangi jumlah
pengangguran alasan usaha ini dipilih karena berbagai hal diantaranya
1.
Cara
pembuatannya mudah
2.
Bahan
baku mudah didapat
3.
Harga
bahan baku yang relativ murah
4.
Disukai
banyak kalangan.
1.2 Identifikasi Jenis Usaha
Usaha makanan kue
yang saya produksi yaitu kue brownies rasa coklat dimana harga dari brownies
ini yang saya produksi relatif murah dan banyak diminati oleh masyarakat maka
dari itu saya memilih usaha kue brownies ini.
1.3
lokasi usaha
Usaha kue brownies ini
bertempat di desa tugu kidul blok gandu kecamatan sliyeg kabupaten indramayu
Telp.089673574522
1
BAB
II
PENILAIAN
DAN RENCANA USAHA
2.1
alasan dasar pemilihan fokus usaha
Alasan
saya memilih usaha kue brownies ini karna dilihat dari banyak orang yang
memiliki hobi mengemil salah 1 jenis kue yang diminati oleh konsumen secara
luas adalah kue brownies banik kukus maupun panggang. Banyak hal yang
menjadikan makanan ini sebagai salah 1 primadona makanan manis misalnya sangat
cocok untuk cemilan penggajal perut sebab brownies banyak mengandung
karbohidrat dari tepung jagung dan glukosa untuk menambah energi dalam
beraktivitas.
Maka
dari itu saya membuat inovasi dalam usaha brownies dengan cara menyajikan
sebuah kemasan yang menarik dan breand yang mudah diingat maka saya optimis
dengan pemilihan usaha ini yang nantinya usaha yang saya jalankan bisa
berkembang pesaing pasar yang kuat merupakan tantangan bagi saya yang selalu
dituntut untuk dapat beradaptasi dengan pesaingan bisnis yang sangat ketat.
2.2
Prospek Usaha
Dengan
meningkatnya kemampuan daya beli masyarakat harga murah kue brownies ini yang
kami produksi merupakan kegemaran masyarakat saya yakin apabila terus ditekuni
dan selalu melakukan inovasi – inovasi baru tidak menutup kemungkinan akan bisa
bersaing dan berkembang hingga pemasarannya bisa sampai keluar daerah.
Seiring
kemajuan teknologi saya juga berusaha menyediakan penjualan secara online
sehingga produksi makanan kue brownies ini mudah di kenali dan mudah untuk di
ingat, dengan demikian insya Allah produk kue brownies ini mudah di dapat dan
di kenali masyarakat luas.
2
2.3
Aspek Produksi
a. jenis dan jumlah peralatan
yang dipakai
NO
|
Jumlah
peralatan yang dipakai
|
Quantity
|
1
|
Stand
mixer kue
|
3
|
2
|
Panci
besar
|
1
|
3
|
loyang
|
10
|
4
|
timbangan
|
1
|
5
|
Wadah
adonan besar
|
5
|
b. Kapasitas produksi
dengan menggunakan peralatan
diatas brownies dapat menghasilkan 10 loyang brownies perhari ialah 10 buah brownies
ukuran sedang sehingga dengan jumlah mesin produksi yang ada dipastikan dapat
memproduksi kue brownies dengan hasil yang maximal untuk dapat melayani orderan
orderan brownies lainnya
c. bahan baku produksi
1
|
Telur
|
4
|
2
|
Sp
dan baking soda
|
1
sdt
|
3
|
Vanily
|
3
ons
|
4
|
Mentega
|
2
buah
|
5
|
Coklat
|
250
gr
|
6
|
Tepung
terigu
|
1
ons
|
7
|
Susu
coklat
|
20
ons
|
8
|
Coklat
bubuk
|
1
sch
|
9
|
Butter
cream
|
½
ons
|
10
|
Misis
/ keju
|
1
ons
|
11
|
Lain
- lain
|
secukupnya
|
c. Jumlah Produksi Rata – Rata
perbulan
dari kapasitas produk perhari
yang telah diketahui sebelumnnya maka produksi dari kue brownies ini selama 1
bulan yaitu :
10 loyang X 20 hari = 200
loyang / bulan
3
buah x 200 loyang = 600 buah/bulan
Jumlah produksi rata rata di atas merupakan gambaran secara
umum, jumlah tersebut masih dapat di sesuaikan dengan pasang surutnya penjualan
dan order yang ada.
3
d.
Sumber Bahan Baku
Dalam pembuatan kue brownies ini tentu membutuhkan berbagai macam bahan baku
yang di peroleh dari toko kue yang ada di kota Indramayu ini atau bisa juga
mendatangi pasar – pasar tradisional yang ada di Indramayu yang menyediakan
berbagai kebutuhan bahan kue brownies.
e.
Inovasi Produk
Dalam perkembangan kedepan tentu banyak kendala yang
dihadapi diantaranya tidak selamanya produk akan terjual habis setiap harinya
sehingga perlu dilakukan perluasan produk diantaranya :
Dengan cara kue brownies dapat di inovasikan dalam bentuk
dingin dan disebut dengan ice cream brownies.
2.4 Aspek Manajemen
Untuk aspek manajerial dalam mengatur operasional
jalannya rintisan usaha ini maka untuk produksi awal hanya menggunakan manajemen
sederhana beranggotakan 3 orang.
1. Bagian keuangan yang dikelola bersama dengan
pengeluaran dan pemasukan
dicatat oleh salah satu anggota.
2. Bagian produksi untuk melakukan proses produksi yang
dilaksanakan secara bersama-sama oleh seluruh anggota.
3. Bagian
pemasaran, juga dilaksanakan oleh seluruh anggota yang berjumlah 3 orang.
Pembagian tugas untuk
masing-masing anggota secara khusus disesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini
dilakukan untuk efisiensi waktu dan biaya. Sebab rintisan usaha kuliner
brownies anti galau ini masih berada pada taraf permulaan. Sehingga efisiensi
operasional termasuk aspek produksi sangat diperlukan.
BAB III
Rencana Biaya Usaha
3.1 Analisi Biaya Usaha
Rincian dana /
biaya yang dikeluarkan dalam mengelola dan memproduksi kue brownies ini ialah
sbb :
NO
|
Jumlah
peralatan yang dipakai
|
Quantity
|
Harga
|
jumlah
|
1
|
Stand
mixer kue
|
1
|
250.000
|
250.000
|
2
|
Panci
besar
|
1
|
7.0000
|
70.000
|
3
|
loyang
|
10
|
10.000
|
100.000
|
4
|
timbangan
|
1
|
30.000
|
30.000
|
5
|
Wadah
adonan besar
|
5
|
30.000
|
150.000
|
|
total
|
|
|
Rp.
600.000
|
Bahan baku untuk 1 kali resep 1 loyang / 5 potong
No
|
Bahan
Baku
|
Kuantitas
|
Harga
|
Jumlah
|
1
|
Telur
|
4
|
1.250
|
5.000
|
2
|
Sp
dan baking soda
|
1
sdt
|
-
|
1000
|
3
|
Vanily
|
3
ons
|
100
|
3000
|
4
|
Mentega
|
2
buah
|
500
|
1000
|
5
|
Coklat
|
250
gr
|
-
|
3500
|
6
|
Tepung
terigu
|
1
ons
|
-
|
7000
|
7
|
Susu
coklat
|
20
ons
|
-
|
1500
|
8
|
Coklat
bubuk
|
1
sch
|
1000
|
1000
|
9
|
Butter
cream
|
½
ons
|
-
|
1000
|
10
|
Misis
/ keju
|
1
ons
|
-
|
1000
|
11
|
Lain
- lain
|
secukupnya
|
|
|
|
Total
|
|
|
27.500
|
5
Pemasaran – Pembuatan brosur = Rp. 30.000
Biaya
ongkos = Rp. 20.000
Biaya
Operasionalnya
Bahan baku
untuk 10 Loyang brownies =Rp. 27.500
Biaya
iklan dan pemasaran = Rp. 50.000
3.2 Analisis Rencana
Pendapatan
Berdasarkan biaya operasionalnya maka dapat ditentukan
harga dasar jue brownies ini yang memungkinkan untuk satu potong kue brownies yaitu
sebesar : Rp 270.500 : 50 potong
= Rp 5.500 / potong
Maka dari harga tersebut dapat ditentukan harga jual yang
sesuai yakni : Rp. 7.000
Sehingga pendapatan yang diperoleh ialah :
Laba (Keuntungan)
Pendapatan Per- hari
Rp 7.000 x 50 potong
|
Jumlah
Rp. 350.000
|
Pebdapatan Per – minggu
Rp. 7.000 x 350.000
|
Rp. 2.450.000
|
6
3.3 Analisis Biaya Pemasaran
a. AnalisiPasar
Target pasar merupakan kunci penting
untuk diperhatikan. Adapun beberapa contoh dari pasar yang telah dapat
dijangkau peluang pasarnya ialah seperti sekolah-sekolah, koperasi usaha di
wilayah tertentu, bahkan bias dengan memasuki pasar besar seperti pasar tanjung
yang ada di jember. Yakni dengan membuka toko stand atau toko khusus yang
menyediakan produk untuk pembuatan brownies anti
galau dengan menyediakan layanan pesan antar delivery, atau meskipun tidak
mendirikan stand sendiri,minimal bisa memasukkan produk kita kedalam stand kue
lain yang strategis, demi kelancaran pemasaran produk ini. Sehingga analisis
pasar maupun target pasar dapat dicapai dengan hasil maksimal.
b. Segmentasi Pasar
Dalam memasarkan produk brownies ini, perlu dilakukan
segmentasi terhadap calon konsumen yang ada sehingga pasar yang dituju jelas
dan terarah.
Segmentasi Pasar
|
Sasaran
|
Lokasi target pemasaran
|
1. Sekolah-sekolah
2. Toko oleh-oleh jember
3. Koperasi kantor pemerintah
4. Stand kue dan tempat tongkrongan
|
Target Konsumen
|
1. Siswa
sekolah dan mahasiswa
2. Masyarakat umum bawah, menengah, dan atas
3. Konsumen dengan kepentingan / hajat
4. Konsumen usia anak-anak, remaja dan dewasa
|
7
c. Strategi Promosi
Melakukan promosi dari mulut kemulut, diawali
dengan promosi diwilayah tempat usaha kita.
Memasang iklan dikoran kota, taidak perlu
terlalu luas jangkauannya, cukup dengan menggiring
konssumen jember untuk tertarik dan membeli produk kita.
Memasang iklan di media elektronik seperti: facebook, twitter, dll.
Dan yang paling terpenting yaitu memberikan
suatu kemasan yang unik dan berkesan mewah sehingga membuat konsumen semakin
tertarik untuk membeli.
3.4
Contoh Foto Produk
1.
2.
3.
4.
8
3.5 Profil Calon Wirausaha
Nama
Lengkap : REFFO PRABOWO
Nama
Panggilan : Reffo (bowo)
Ttl : Indramayu, 3
Desember 1995
Agama : Islam
Riwayat
Pendidikan : TK Kriya Bhakti
SD
Negeri Tugu 1
SMPN 1 SLIYEG
SMKN 1 BALONGAN
Alamat
Rumah : Desa Tugu Kidul Kec.
Sliyeg Kab. Indramayu
Alamat
email : Reffo.prabowo@yahoo.co.id
9
BAB
IV
KESIMPULAN
DAN SARAN
4.1 Kesimpulan
saha bronies ubi ini merupakan
usaha yang memiliki peluang besar untuk memperole keuntungan besar dan menarik
banyak pelanggan. Karena manfaat dari ubi itu sendiri serta dapat menciptakan
rasa yang khas sebagai makanan ringan yang lezat dan menyehatkan. Dan juga
usaha sweet bronies ubi ini memiliki tempat yg strategis yaitu di jantung kota
balikpapan serta memiliki harga yang relatif terjangkau. Dan dapat dinikmati
oleh semua kalangan mulai dari balita-orang tua.
4.2 Saran
Kami berharap apa yang telah kami
lakukan dapat :
1. Memenuhi kriteria – kriteria
kelulusan yang disyaratkan
2. Kami berharap dengan di
ajukannya proposal ini dapat menarik dan keinginan saudara sekalian untuk
bergabung bersama kami sebagai salah satu pemodal di usaha kami ini
10
Komentar
Posting Komentar